Skip to main content

Prita Vs Omni International


Di sela hangatnya kasus Century Gate yang sudah semakin liar seperti kuda binal, ada satu isu yang juga menarik untuk dibahas. Prita Vs Rs Omni International. Setelah pengadilan memutuskan RS Omni menang dalam kasus perdata, Ibu Prita diwajibkan membayar denda sebesar 204 juta (IDR). Jumlah yang sangat besar dan pastinya memberatkan Ibu Prita. Pengacara Ibu Prita sih akan mengajukan banding untuk kasus ini. Banyak yang merasa miris dengan kasus ini, rasa-rasanya menggugah rasa keadilan. Sementara banyak koruptor yang dihukum ringan, atau malah masih bebas berkeliaran, sementara banyak rakyat kecil yang diharuskan merasakan kejamnya hukum di Indonesia. Kasus Ibu Prita, Kasus Nenek Minah, Kasus pencurian Listrik, kasus pencurian semangka, dll. Tapi apa boleh buat, begitulah hukum. Setelah ada cukup bukti dan keterangan saksi, kasus-nya pasti akan segera diproses sesuai dengan prosedur hukum yang ada. Tapi kok kasus Bibit-Chandra jadi exception ya. kata Jaksa kan udah cukup bukti tuh. Kalo kasus yang ini tanyakan aja ke Mbah Marijan. Mungkin akan lebih clear.

A : Hukum itu memang kejam ya?
B : Namanya juga hukum. Aturannya udah jelas. Norma hukum bersifat memaksa. Jadi wajar-wajar aja.
A : Kenapa rakyat kecil yang selalu jadi korban?
B : Yang badannya gede juga banyak jadi korban kok.
A : Kok rasa-rasanya jadi gak adil gitu, harusnya tujuan hukum itu kan untuk menegakkan keadilan?
B : Keadilan menurut persepsi siapa?

Beberapa hari terakhir lagi ada trend pengumpulan koin untuk Ibu Prita. Ntar koin-koin ini disumbangkan ke Ibu Prita untuk membayar sejumlah denda sesuai dengan keputusan pengadilan. Sejak ada keputusan pembayaran denda ini, banyak pihak yang berniat membantu Ibu Prita. Diawali dengan Bp Fahmi Idris mantan mentri perindustrian KIB jilid I. Beliau bersedia membantu setengahnya atau sekitar 102juta (IDR). Mantaf. Bukannya gak sanggup bantu semuanya, tapi Beliau memberi ruang untuk masyarakat lainnya untuk turut membantu Ibu Prita. Dengar-dengar sih sumbangan yang terkumpul sudah mencapai 500juta (IDR). Hebat kan?

Sebenarnya kasus Ibu Prita ini lumayan ribet juga. Pencemaran nama baik. Ibu Prita merasa hanya sekedar curhat saat mengirimkan email-nya ke beberapa orang teman.
A : Tapi kok curhatannya serasa membaca surat pembaca di kompas gitu ya. Terstruktur dan bahasanya lumayan resmi?
B : kalo gak tersutruktur dan datanya gak lengkap ntar dibilang fitnah..
A : Tetap aja. Namanya orang curhat gak segitu-gitunya kali.. :)

Sementara itu RS Omni merasa sangat dirugikan karena merasa email Ibu Prita itu telah menjurus ke pencemaran nama baik beberapa orang dokternya yang disebut-sebut di email itu. Email Ibu Prita emang hanya dikirim ke beberapa temannya saja, tapi siapa sangka akhirnya email itu sampai kemana-mana. Dengan mudahnya menekan tombol forward, akhirnya sampailah email-email itu ke berbagai milis. Penyebarannya dah seperti penyeberan virus aja. Dokter-dokter yang disebut-sebut di email itu merasa dirugikan dong. Pastinya...

Terlepas dari benar tidaknya isi email Ibu Prita, beberapa point penting bisa dipetik dari kasus ini, ini menurut saya lo..
1. Kalo ada keluhan terhadap pelayanan publik, produk atau jasa, sebaiknya diajukan melalui jalur resmi saja. Tentunya dengan bukti yang cukup dong. Misalnya melalui surat pembaca, atau kalau perlu sekalian aja melalui kepolisian. Tapi ada kasus juga yang penulis surat pembaca akhirnya dituntut karena pihak yang dikeluhkan merasa namanya dicemarkan. Gimana dong? Mari tanyakan ke rumput yang bergoyang.
2. Email adalah media yang sangat mudah dan praktis sebagai media komunikasi. Tapi sebaiknya hati-hatilah dalam menggunakan email. Fasiltas forward ini memang sangat berguna untuk pesan berantai. Tapi fasiltas forward ini jugalah yang akhirnya menyababkan Ibu Prita sempat mendekap di tahanan.
3. Curhat sih sah-sah saja. Tapi bok ya secara langsung atau melalui telpon. Gak usah melalui email Gak salah kok. Tapi ntar berpotensi ke arah pencemaran nama baik. Sebenarnya kalo semua orang yang merasa namanya dicemarkan melalui media elektronik melakukan hal yang sama seperti RS Omni, mungkin polisi dah kehabisan personil untuk menyidik kasus pencemaran nama baik.

Kasus ini gak selesai karena ego kedua pihak sama-sama gede. Kalo RS Omni mencabut gugatannya, maka secara tidak langsung mengakui bahwa isi email Ibu Prita adalah benar. Sebaliknya jika Ibu Prita bersedia minta maaf, maka secara tidak langsung juga dapat diartikan bahwa isi email Ibu Prita berisi kebohongan.
So..? Bagaimana kelanjutannya. Kita tunggu aja.
Sekian dan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

[resend] Apalah arti sebuah nama

"Apalah arti sebuah nama." Kita pasti sudah terbiasa dengan ungkapan tersebut. Ga usah perduli mau di kasi nama X, Y, Z, Q dll. karena nama pada umumnya tidak menggambarkan manusianya. Tapi kebanyakan orangtua berharap kelak masa depan si buah hati sesuai dengan nama yang mereka berikan yang belakangan dicantumkan di akte kelahiran. Iseng-iseng gw berburu di Google, sekedar pengen tahu aja, ada ga yang punya nama yang sama dengan gw dan sekalian cari artinya di bahasa yang lain. Sebelumnya let me introduce myself, nama Gw yang tertulis di "Akte kelahiran": BONATUA PARULIAN LUMBAN TOBING. Berasal dari bahasa "BATAK", terang aja, Gw terlahir dari keluarga Batak. Dua kata terakhir adalah nama keluarga (marga). But one for sure, banyak pertanyaan yang muncul waktu kenalan dengan Gw. Pertanyaan-pertanyaan yang berhasil Gw rangkum, kira-kira sepert ini: Nama kamu ada artinya ga?
(Ya pastilah, semua nama punya arti entah apapun itu.) Siapa sih yang ngasi nama…

888 - Mitos angka 8

Apa yang istimewa dengan 888? Banyak yang bilang kalo ini adalah angka sempurna walaupun sebenarnya semua angka itu bagus juga sih. Bahkan Olimpiade Beijing dipaksakan untuk dimulai hari ini 8 Agustus 2008 (08-08-08), jam 08:08:08. Pokoknya serba 8 deh. Satu yang pasti, dukung terus kontingen Indonesia untuk meraih prestasi terbaik...
Banyak juga pasangan yang memilih untuk melangsungkan pernikahannya hari ini karena menganggap hari ini adalah hari yang istimewa sama dengan 666,777, dan tahun depan 999. Ada juga nih temanku yang berencana melagsungkan pernikahannya hari ini, tapi kok gak kedengaran kabarnya ya :)

Arabic٨AmharicBengaliChinese numeral八,捌DevanāgarīHebrewח (Het)KhmerThai
Dalam tradisi Tionghoa, angka 8 merupakan pertanda rejeki nomplok. Sedangkan di Jepang angka 8 merupakan pertanda keberuntungan (apa ini ada hubungannya dengan event spektakuler di kantorku hari ini ya? secara kami kan kantor yang ala Jepang gitu..). Tapi kalo menurut primbon Indonesia angka 8 justru pu…

Poker Face

Don't put your poker face on..
Istilah ini pertama kali kedengaran waktu film Iron Man. Tony Stark menyebut Obidiah (Lupa ejaannya), memasang poker face di salah satu scene film itu. Sekarang istilah ini kan lagi hangat2nya karena lagunya si Mbak Lady Gaga, 'Poker Face'. Selalu bercokol di 3 besar US billboard top 40. Saingannya cuma om Flo Rida.
Yang mau dibahas bukan tentang lagu 'Poker Face', tapi lebih ke istilah 'Poker Face'-nya. kalo lagunya emang top bgt tuh. Recomended by Bona deh. Lagu2 Mbak Lady Gaga yg lain yang masuk kategori lumayan bagus, 'Papparazi' sama 'Let's Dance' (versi remix dengan kang AKON). Kok jadi bahas mbak Lady Gaga ya. (kalo di Indo, ada mie instant 'Gaga', kalo di Amrik gak ada kali ya, soalnya gak mungkin kan orangtuanya mbak Lady Gaga ngasi nama mie instant ke anaknya)..

Back to Poker Face. Kalo dilihat di kamus sih,
Poker Face = A face without any interpretable expression (as that of a good poker play…